Jumat, 21 Oktober 2011

BUKAN Sumpah Biasa BUKAN Sampah Pemuda

Diposting oleh Arum Suryaningtyas di Jumat, Oktober 21, 2011

Tanggal 28 Oktober kalau dilihat sepintas memang bukanlah tanggal yang istimewa. Di kalender, tanggal 28 oktober tetap tertulis dengan tinta hitam (keculi pas jatuh pada hari minggu), bukan hari raya keagaama, tak ada libur nasional, tak ada perayaan khusus. Tapi tanggal tersebut sangat istimewa bagi bangsa kita ini, karena pada tanggal tersebut bangsa kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Lihat saja sewaktu kita membuka fecebook, twitter dan jaringan sosial lainya, kita pasti akan menjumpai begitu banyak tulisan yang meneriakan Hari Sumpah Pemuda. Begitu banyak yang membanggakan Sumpah Pemuda.

Yang jadi pertanyaan, benarkah kita tahu apa itu hari sumpah pemuda..? sadarkah kita tentang makna dari Sumpah Pemuda..? dan apakah kita semua benar-benar bangga dengan Sumpah Pemuda tersebut...???

Mari kita melihat pada diri kita sendiri dulu. Dari hal kecil dulu saja, sudahkah kita tidak membedakan status sosial seseorang, entah seorang pejabat atau hanya seorang buruh..?? sudahkah kita tidak membedakan seseorang yang lulusan sd, smp, sma dan perguruan tinggi..?? atau sudahkah kita menghargai dan menghormati agama maupun budaya seseorang...?? Belum..!! Saya yakin sebagian dari kita sedikit maupun banyak masih sering mempermasalahkannya.

Dalam lingkup yang lebih luas lagi terlihat jelas di depan mata kita konflik SARA marak terjadi di berbagai daerah, paham primordialisme yang salah, saling memecah belah, saling menjatuhkan dan menyakiti sesama serta saling berlomba-lomba menunjukan kalau merekalah yang paling benar, paling kuat atau bahkan paling sempurna.

Lalu masih pantaskah kita berkoar-koar membanggakan sumpah yang justru masih sering dilanggar oleh diri kita sendiri..?

Pic : H

Sumpah Pemuda.. BUKAN Sumpah Biasa..!!! 83 tahun yang lalu sekelompok pemuda dengan semangat nasionalisme yang tinggi menggelar kongres pemuda kedua di tiga gedung berbeda di Jakarta demi menghasilkan sebuah keputusan penting bagi bangsa ini. Keputusan yang mempersatukan seluruh rakyat bangsa ini. Keputusan yang menjadi salah satu senjata yang ampuh bagi perjuangan Indonesia merebut kemerdekaanya.

 


Pic : Here
Sumpah Pemuda.. BUKAN Sumpah Biasa...!!! Dimana setiap pemuda di bangsa ini dituntut untuk berpegang teguh pada tekad, komitmen dan kecintaan mereka pada bangsa ini. Sumpah yang mencerminkan semangat juang yang tinggi dari para pemuda. Sumpah yang mencerminkan kesadaran para pemuda untuk membentuk dan membangun bangsa ini. Dan sumpah yang memperlihatkan kekuatan yang luar biasa dari para pemuda.
 

Sumpah Pemuda.. BUKAN Sumpah Biasa..!!! Sumpah yang dapat merobohkan dinding perbedaan antar suku, budaya maupun agama yang ada di bangsa ini dan meleburkannya menjadi satu kesatuan, satu kekuatan dan satu jiwa .. INDONESIA. 

Pic : Here
Pic : Here

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda, yang hanya dipelajari di sekolah-sekolah dan kemudian berlalu begitu saja tanpa ada makna yang tersisa di hati dan benak kita.

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda, yang dengan mudahnya diucapkan namun dengan mudah pula dilanggar.

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda, bukan sumpah yang sudah basi dan hanya diperuntukan bagi pemuda-pemuda jaman dulu yang harus berjuang memerdekakan Indonesia. Melainkan Sumpah Wajib bagi setiap pemuda di seluruh bangsa ini dulu, sekarang, dan esok.

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda..!!! Sudah saatnya kita bangun dari buaian segala kemudahan yang ada, saatnya kita memperbaiki diri, saatnya kita berkontribusi untuk bangsa ini. Karena kita adalah PEMUDA INDONESIA..!!

Pak Soekarno dalam salah satu pidatonya pernah mengatakan “Berikan aku seorang pemuda, maka akan ku goncangkan dunia!!!”. Lihat.. Soekarno saja percaya kalau para pemuda bangsa ini adalah pemuda yang hebat. Apakah kita tega menghancurkan kepercayaan yang telah diberikan kepada kita..?? Kalau jaman dulu yang begitu penuh keterbatasan saja para pemuda di seluruh bangsa ini dapat bersatu dan berkontribusi untuk negeri ini, seharusnya kita yang hidup di jaman globalisasi dengan segala fasilitas dan sarana yang canggih dapat dengan mudah melakukannya kan..??

Yaa.. kita bisa menjadi seorang pemuda hebat seperti mereka. Mungkin begitu banyak keburukan para generasi muda yang terpampang jelas di depan mata kita, namun tak berarti bangsa ini tak memiliki generasi-generasi muda yang hebat, tangguh, membanggakan dan patut kita teladani. Mari kita lihat beberapa penghargaan yang berhasil disumbangkan oleh para pemuda Indonesia untuk bangsa ini baik di dalam negeri maupun luar negeri. 


Juara Bulu tangkis Sea games

Pic : Here

Tim Nas Indonesia Juara Independen Cup

Pic : Here
Juara Olimpiade Kimia Internasional
Pic : Here


Juara-juara Olimpiade Termuda Indonesia

Pic: Here
Lihat.. Hebat-hebat bukan.?? Dan mereka itu adalah PEMUDA INDONESIA..!!! 

Maka itu.. Pemuda Indonesia marilah mulai melebur ego kita.. hilangkan apatis dalam diri kita. 


Pic : Here
Berhenti mempermasalahkan status sosial, pekerjaan, suku ataupun budaya kita. Seperti apapun dan bagaimanapun kita, kita itu SATU..!! Satu Tanah Satu Bangsa dan Satu Bahasa... INDONESIA..!!!!

Pic : Here

Kita Pasti Bisa Karena Kita adalah PEMUDA INDONESIA..!!!!! 



*Article and Blog Competition HIMA ADP UNY 2011*.

182 komentar on "BUKAN Sumpah Biasa BUKAN Sampah Pemuda"

 

ieyas blog Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal