Jumat, 21 Oktober 2011

BUKAN Sumpah Biasa BUKAN Sampah Pemuda

Diposkan oleh Arum Suryaningtyas di Jumat, Oktober 21, 2011

Tanggal 28 Oktober kalau dilihat sepintas memang bukanlah tanggal yang istimewa. Di kalender, tanggal 28 oktober tetap tertulis dengan tinta hitam (keculi pas jatuh pada hari minggu), bukan hari raya keagaama, tak ada libur nasional, tak ada perayaan khusus. Tapi tanggal tersebut sangat istimewa bagi bangsa kita ini, karena pada tanggal tersebut bangsa kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Lihat saja sewaktu kita membuka fecebook, twitter dan jaringan sosial lainya, kita pasti akan menjumpai begitu banyak tulisan yang meneriakan Hari Sumpah Pemuda. Begitu banyak yang membanggakan Sumpah Pemuda.

Yang jadi pertanyaan, benarkah kita tahu apa itu hari sumpah pemuda..? sadarkah kita tentang makna dari Sumpah Pemuda..? dan apakah kita semua benar-benar bangga dengan Sumpah Pemuda tersebut...???

Mari kita melihat pada diri kita sendiri dulu. Dari hal kecil dulu saja, sudahkah kita tidak membedakan status sosial seseorang, entah seorang pejabat atau hanya seorang buruh..?? sudahkah kita tidak membedakan seseorang yang lulusan sd, smp, sma dan perguruan tinggi..?? atau sudahkah kita menghargai dan menghormati agama maupun budaya seseorang...?? Belum..!! Saya yakin sebagian dari kita sedikit maupun banyak masih sering mempermasalahkannya.

Dalam lingkup yang lebih luas lagi terlihat jelas di depan mata kita konflik SARA marak terjadi di berbagai daerah, paham primordialisme yang salah, saling memecah belah, saling menjatuhkan dan menyakiti sesama serta saling berlomba-lomba menunjukan kalau merekalah yang paling benar, paling kuat atau bahkan paling sempurna.

Lalu masih pantaskah kita berkoar-koar membanggakan sumpah yang justru masih sering dilanggar oleh diri kita sendiri..?

Pic : H

Sumpah Pemuda.. BUKAN Sumpah Biasa..!!! 83 tahun yang lalu sekelompok pemuda dengan semangat nasionalisme yang tinggi menggelar kongres pemuda kedua di tiga gedung berbeda di Jakarta demi menghasilkan sebuah keputusan penting bagi bangsa ini. Keputusan yang mempersatukan seluruh rakyat bangsa ini. Keputusan yang menjadi salah satu senjata yang ampuh bagi perjuangan Indonesia merebut kemerdekaanya.

 


Pic : Here
Sumpah Pemuda.. BUKAN Sumpah Biasa...!!! Dimana setiap pemuda di bangsa ini dituntut untuk berpegang teguh pada tekad, komitmen dan kecintaan mereka pada bangsa ini. Sumpah yang mencerminkan semangat juang yang tinggi dari para pemuda. Sumpah yang mencerminkan kesadaran para pemuda untuk membentuk dan membangun bangsa ini. Dan sumpah yang memperlihatkan kekuatan yang luar biasa dari para pemuda.
 

Sumpah Pemuda.. BUKAN Sumpah Biasa..!!! Sumpah yang dapat merobohkan dinding perbedaan antar suku, budaya maupun agama yang ada di bangsa ini dan meleburkannya menjadi satu kesatuan, satu kekuatan dan satu jiwa .. INDONESIA. 

Pic : Here
Pic : Here

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda, yang hanya dipelajari di sekolah-sekolah dan kemudian berlalu begitu saja tanpa ada makna yang tersisa di hati dan benak kita.

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda, yang dengan mudahnya diucapkan namun dengan mudah pula dilanggar.

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda, bukan sumpah yang sudah basi dan hanya diperuntukan bagi pemuda-pemuda jaman dulu yang harus berjuang memerdekakan Indonesia. Melainkan Sumpah Wajib bagi setiap pemuda di seluruh bangsa ini dulu, sekarang, dan esok.

Sumpah Pemuda BUKAN Sampah Pemuda..!!! Sudah saatnya kita bangun dari buaian segala kemudahan yang ada, saatnya kita memperbaiki diri, saatnya kita berkontribusi untuk bangsa ini. Karena kita adalah PEMUDA INDONESIA..!!

Pak Soekarno dalam salah satu pidatonya pernah mengatakan “Berikan aku seorang pemuda, maka akan ku goncangkan dunia!!!”. Lihat.. Soekarno saja percaya kalau para pemuda bangsa ini adalah pemuda yang hebat. Apakah kita tega menghancurkan kepercayaan yang telah diberikan kepada kita..?? Kalau jaman dulu yang begitu penuh keterbatasan saja para pemuda di seluruh bangsa ini dapat bersatu dan berkontribusi untuk negeri ini, seharusnya kita yang hidup di jaman globalisasi dengan segala fasilitas dan sarana yang canggih dapat dengan mudah melakukannya kan..??

Yaa.. kita bisa menjadi seorang pemuda hebat seperti mereka. Mungkin begitu banyak keburukan para generasi muda yang terpampang jelas di depan mata kita, namun tak berarti bangsa ini tak memiliki generasi-generasi muda yang hebat, tangguh, membanggakan dan patut kita teladani. Mari kita lihat beberapa penghargaan yang berhasil disumbangkan oleh para pemuda Indonesia untuk bangsa ini baik di dalam negeri maupun luar negeri. 


Juara Bulu tangkis Sea games

Pic : Here

Tim Nas Indonesia Juara Independen Cup

Pic : Here
Juara Olimpiade Kimia Internasional
Pic : Here


Juara-juara Olimpiade Termuda Indonesia

Pic: Here
Lihat.. Hebat-hebat bukan.?? Dan mereka itu adalah PEMUDA INDONESIA..!!! 

Maka itu.. Pemuda Indonesia marilah mulai melebur ego kita.. hilangkan apatis dalam diri kita. 


Pic : Here
Berhenti mempermasalahkan status sosial, pekerjaan, suku ataupun budaya kita. Seperti apapun dan bagaimanapun kita, kita itu SATU..!! Satu Tanah Satu Bangsa dan Satu Bahasa... INDONESIA..!!!!

Pic : Here

Kita Pasti Bisa Karena Kita adalah PEMUDA INDONESIA..!!!!! 



*Article and Blog Competition HIMA ADP UNY 2011*.

201 komentar on "BUKAN Sumpah Biasa BUKAN Sampah Pemuda"

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 201   Lebih baru›   Terbaru»
Sang Cerpenis bercerita on 29 Oktober 2011 11.19 mengatakan...

setuju. dan ini bukan komentar yg luar biasa. hehehe...tapi koment yg biasa saja.

catatan kecilku on 29 Oktober 2011 12.52 mengatakan...

Seneng plus bangga melihat pemuda dan pemudi Indonesia dapat membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. :)

the others... on 29 Oktober 2011 12.53 mengatakan...

Semoga makna sumpah pemuda masih dirasakan oleh generasi penerus bangsa ini, agar negara ini tetap dapat bersatu dan menjadi bangsa yg besar. Amin.

siroel on 29 Oktober 2011 19.16 mengatakan...

gile, tulisanmu penuh semangat yaz...

masih update tah kamu yaz, hehehe..

gmn kbrnya?

Corat - Coret [Ria Nugroho] on 30 Oktober 2011 10.36 mengatakan...

hidup pemuda Indonesia
kalau semua pemuda semangatnya kayak ieyaz bagus itu hehe :D

merry go round on 7 November 2011 22.07 mengatakan...

Kaget banget pas liat update blog terbaru di blogroll Merry go Round, Ieyaz akhirnya eksis lagi. Horraaayyy :D

Yah, sayang ya, sekarang makna-makna dan nilai-nilai luhur sejarah kita mulai terdegradasi. Perpecahan mulai terjadi dimana-mana, bahkan dari hal paling dasar seperti agama sekalipun.

Penghuni 60 on 13 Desember 2011 11.04 mengatakan...

tp kalo dilirik jaman skrg, justru tingkah para pemuda makin byk aja yg beralih kpd kriminalitas. mreka bahkan gak segan2nya menghabisi nyawa seseorg.

Dijual Rumah on 17 Januari 2012 13.40 mengatakan...

masa muda adalah masa labil yg harus kita jalani tergantung kita menyikapi semuanya.

No Limit Adventure on 19 Maret 2012 11.11 mengatakan...

kunjungan balik gan :)
salam sukses selalu

xamthone plus on 23 Maret 2012 15.38 mengatakan...

maju terus pemuda ku...

outbound training di malang on 2 April 2012 11.28 mengatakan...

kunjungan ..
salam sukses selalu ..:)

cara mudah tidur on 24 Mei 2012 21.39 mengatakan...

Oh my goodness! A dream come true for those lucky sweethearts! You did a marvelous job.♥♫

obat herbal kanker usus on 1 Juni 2012 14.55 mengatakan...

Artikel yang berbobot, kunjungan pertamaku, salam kenal semoga terus memberikan motivasi dan manfaat kepada pengunjung,,,

outbound di malang on 26 Juni 2012 09.40 mengatakan...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

obat tradisional sakit pinggang on 7 Juli 2012 04.15 mengatakan...

mantap nie gan artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie ,,,,,

Obat alami insomnia on 8 Juli 2012 09.12 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya gan,,,,

Obat alami kelenjar getah bening on 11 Juli 2012 08.26 mengatakan...

majau terus untuk menuju kesuksesan gan,,,,,,

Obat glaukoma herbal on 20 Juli 2012 10.00 mengatakan...

nice post,,,,,,,,,,

Obat diabetes herbal on 21 Juli 2012 16.15 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya dan selamat menunaikan ibdah puasa ,,,,

Obat stroke herbal on 28 Juli 2012 08.15 mengatakan...

kami sanagt bangga punya pemuda indonesia yang semangat ,,,,,,,,,,,

Obat jantung herbal on 28 Juli 2012 08.16 mengatakan...

semangat pemuda indonesia dan banggakan lah ngeri kita ,,,,

Obat alami darah tinggi on 29 Juli 2012 20.55 mengatakan...

mantapkan p[emuda indonesia untuk negara kita mantapkan lah

Obat herbal xamthone plus on 29 Juli 2012 20.55 mengatakan...

oke juga nie gan info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,

Pusat penjualan obat herbal terbesar on 29 Juli 2012 21.01 mengatakan...

info yang sangat bagus nie gan,,,,

Penyembuhan alternatif batu ginjal on 30 Juli 2012 23.02 mengatakan...

artikel yang sangat bagus,,,,,,,,,

ace maxs on 1 Agustus 2012 12.44 mengatakan...

kita sebagai orang muda indonesia yang uda merasakan merdeka memang patut mengapresiasi kerja keras pahlawan-pahlawan terdahulu dengan berbakti dan jadikan negara ini lebih maju seperti amerika ..

obat ace maxs on 2 Agustus 2012 16.12 mengatakan...

kunjungan pertama ane gan ..
di tunggu ya kunjungan balik nya

Obat alami asam urat on 3 Agustus 2012 08.16 mengatakan...

mantap nie artikel nya sangat bagus dan salam kenal aja,,,,,,,

Obat kanker payudara herbal on 4 Agustus 2012 10.24 mengatakan...

makasih banyak atas semnua info nya,,,,,,

Obat alami insomnia on 8 Agustus 2012 08.54 mengatakan...

nice post,,,,,,,,,

Obat tradisional nyeri sendi on 9 Agustus 2012 23.05 mengatakan...

semangat pemuda indonesia dan bawa lah negri ini ,untuk maju dan makmur oleh penerus bangsa ,,,,,,

Obat sakit pinggang herbal on 11 Agustus 2012 09.21 mengatakan...

artikel nya sangat bagus nie gan,,,

Obat asam urat herbal on 31 Agustus 2012 13.39 mengatakan...

semngat buat pemuda indonesia pejuang bangsa,,,,,,,,

obat alami kista on 1 September 2012 14.48 mengatakan...

nasib bangsa Indonesia di depan tergantung para pemudanya saat ini,hendaknya terus berkarya dan pantang menyerah jadilah nakhoda bangsa ini demi terwujudnya kesejateraan dan keadilan

Pengobatan tradisional asam urat on 2 September 2012 22.03 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya,,,,,,,,

Obat herbal asam urat on 3 September 2012 21.38 mengatakan...

ayo semanagat buat anak indonesia untuk menuju kesuksesan ,,,,,,

mengatasi asam urat tinggi on 6 September 2012 09.21 mengatakan...

thanks gan informasinya

obat alami diabetes on 6 September 2012 11.00 mengatakan...

artikel tyang bagus menjelang peringatan sumpah pemuda bulan oktober mendatang

obat tradisional maag kronis on 6 September 2012 14.18 mengatakan...

ikut nyimak artikel nya gan,.,., thanks salam kenal!!!!!!!!!!!

obat tradisional maag kronis on 6 September 2012 14.18 mengatakan...

ikut nyimak artikel nya gan,.,., thanks salam kenal!!!!!!!!!!!

obat alami kista on 15 September 2012 12.53 mengatakan...

thanks gan informasinya

obat alami stroke on 17 September 2012 08.31 mengatakan...

thanks gan informasinya

obat alami stroke on 17 September 2012 08.31 mengatakan...

thanks gan informasinya

obat alami stroke on 17 September 2012 08.31 mengatakan...

thanks gan informasinya

obat alami stroke on 17 September 2012 08.31 mengatakan...

thanks gan informasinya

tricajus on 18 September 2012 08.07 mengatakan...

salam bloging

obat alami stroke on 24 September 2012 08.29 mengatakan...

thanks gan infonya

cara alami menurunkan tekanan darah tinggi on 26 September 2012 08.26 mengatakan...

ikut menyimak gan

obat tradisional asam urat on 26 September 2012 15.28 mengatakan...

kunjungan sore, artikelnya sangat menarik!

Pengobatan herbal untuk wasir on 30 September 2012 21.16 mengatakan...

oke juga nie gan sangat bagus dan sangat menarik nie gan ,,,,,,

Pengobatan herbal kanker payudara on 4 Oktober 2012 07.33 mengatakan...

ayo semnagat anak anak bangsa ,,,,,,

penyembuhan sakit jantung on 6 Oktober 2012 08.59 mengatakan...

ikut menyimak gan

obat alami batu ginjal on 9 Oktober 2012 08.33 mengatakan...

ikut menyimak artikelnya

obat alami asam urat on 11 Oktober 2012 10.06 mengatakan...

sumpah pemuda untuk dipahami dan di terapkan dalam kehidupan nyata y o A

tips mengatasi asam urat on 13 Oktober 2012 12.38 mengatakan...

thanks gan
salam kenal

engobatan herbal untuk asam urat on 17 Oktober 2012 21.01 mengatakan...

hidup anak indonesia maju ayo maju trus,,,,,,,

pengobatan alternatif alami parkison on 24 Oktober 2012 09.06 mengatakan...

artikelnya bagus gan

pengobatan herbal untuk darah tinggi on 31 Oktober 2012 22.17 mengatakan...

mantap nie gan info nya ,,,,,,,,

obat tradisional ambein on 6 November 2012 09.23 mengatakan...

ikut menyimak iyah gan

agen ace maxs ciamis on 6 November 2012 11.31 mengatakan...

kunjungan, salam kenal, sukses selalu.

Pengobatan herbal gondok on 16 November 2012 09.57 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya ,,,

Cara mengobati kanker prostat on 21 November 2012 22.50 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,,

cara mengobati asma on 24 November 2012 10.04 mengatakan...

lebih semangat lagi anak bangsa

Ace Maxs dan Testimoninya on 24 November 2012 11.17 mengatakan...

makasih gan informasinya.

pantangan makanan kolesterol tinggi on 26 November 2012 14.14 mengatakan...

sip

obat kencing manis on 27 November 2012 07.30 mengatakan...

bersatulah pemuda indonesia atas nama bangsa indonesia..

Obat herbal kanker serviks on 6 Desember 2012 07.56 mengatakan...

nice post ,,,,,,,,,,,

Obat Kencing Manis on 7 Desember 2012 15.54 mengatakan...

informasi yang cukup menarik

Obat kanker Serviks on 21 Desember 2012 08.12 mengatakan...

informasi yang bagus dan menarik

Obat Kencing Manis on 22 Desember 2012 08.44 mengatakan...

artikel yang bagus dan menarik

Obat stroke on 28 Desember 2012 13.22 mengatakan...

salam kenal aja gan ,,,,,

Obat Kanker Serviks on 31 Desember 2012 13.09 mengatakan...

artikel yang bagus beud..informasinya menarik

Obat Kencing Manis on 2 Januari 2013 12.23 mengatakan...

inormasi yang menarik beud

obat alami diabetes melitus on 4 Januari 2013 16.52 mengatakan...

artikel yang luar biasa mba ikut nyimak

obat alami diabetes melitus on 4 Januari 2013 16.52 mengatakan...

artikel yang luar biasa mba ikut nyimak

Scooterist Sunda on 8 Januari 2013 13.36 mengatakan...

nice share..

Obat benjolan di leher on 8 Januari 2013 23.52 mengatakan...

salam kenal aja gan,,,,,,

pulsa on 13 Januari 2013 21.09 mengatakan...

hidup pemuda Indonesia !
slm kenal :)

Obat Kanker Serviks on 15 Januari 2013 15.53 mengatakan...

informasi yang cukup menarik

Obat Herbal Batu Empedu on 17 Januari 2013 14.32 mengatakan...

Semangat 45, sukses untuk anak anak bangsa !

Cara Mengobati Penyakit Kronis on 18 Januari 2013 01.46 mengatakan...

informasi yang bagus beud

Obat Kanker Serviks on 18 Januari 2013 08.55 mengatakan...

informasi yang cukup bagus dan menarik

cara mengobati stroke on 18 Januari 2013 14.04 mengatakan...

ikut menyimak gan

Obat rematik on 18 Januari 2013 21.06 mengatakan...

nice post......

Cara mengobati jantung koroner on 19 Januari 2013 22.54 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya sangat bagus dan sangat menarik,,,,

Obat Batu Empedu on 21 Januari 2013 13.56 mengatakan...

Semangat untuk indonesia

Cara Menjadi Agen Tricajus on 21 Januari 2013 14.50 mengatakan...

informasi yang sangat bagus

Obat asam urat on 23 Januari 2013 14.02 mengatakan...

makasih info nya gan sangat bagus banget ,,,,,,,,,,

Obat Tumor Lambung on 25 Januari 2013 14.51 mengatakan...

Berkunjung.. salam kenal ya

obat tradisional asam urat on 28 Januari 2013 16.45 mengatakan...

kunjungan sore

odoy on 4 Februari 2013 09.41 mengatakan...

ayo pemuda indonesia terus berprestasi,.,.,.,.

yadi on 4 Februari 2013 09.42 mengatakan...

nice post

Obat asam urat on 7 Februari 2013 14.49 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya .........

Cara mengobati herpes on 11 Februari 2013 22.44 mengatakan...

info yang sangat bagus ,,,,,,,

Obat darah tinggi on 14 Februari 2013 10.48 mengatakan...

salam kenal aja gan ,,,,,,,,,,

Obat gula darah on 18 Februari 2013 22.52 mengatakan...

salam kenal aja gan info nya gan sangat bagus,,,,,,

daun sirsak ace max on 19 Februari 2013 15.08 mengatakan...

wah wah congritulation deh

daun sirsak ace max on 19 Februari 2013 15.08 mengatakan...

wah wah congritulation deh

cara mengobati kelenjar tiroid on 19 Februari 2013 15.08 mengatakan...

keren2 deh mas mba nya

jus manggis murah on 19 Februari 2013 15.09 mengatakan...

hebat2 ya

distributor jelly gamat on 19 Februari 2013 15.09 mengatakan...

ku tnggu update terbarunya

Obat jantung koroner on 21 Februari 2013 15.55 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya gan sangat bagus banget dan sangat menarik,,,,,,,,,,,

birthday party on 25 Februari 2013 13.30 mengatakan...

kunjungan , sangaat menariik artikelnya sukses terus yaaa :D

Cara Mengobati Kanker Hati on 25 Februari 2013 21.35 mengatakan...

makasih banyak info nya ,,,,,,,,,

Ace maxs on 28 Februari 2013 15.05 mengatakan...

salam kenal aja gan ,,,,,,,,,

Yahya on 31 Maret 2013 09.12 mengatakan...

Ikut nyimak aja mas. ane kunjungan pertama nih, lam kenal

Obat batu empedu on 4 April 2013 11.40 mengatakan...

Mampir sis, artikelnya mantap, ayo update lagi donk :)

dilazahwa on 13 April 2013 13.18 mengatakan...

infonya menarik
bermanfaat sekali..
sukses selalu

mety aulia on 18 April 2013 16.32 mengatakan...

sungguh hebat kak, lanjutkan kak kreatifitas mu..!! semoga sukses dan salam kenal ya kak..!!

mety aulia on 19 April 2013 08.36 mengatakan...

prestasi yang membangga kan, tetapi ada hal yang nge ganjal dikit kak??

betty on 19 April 2013 08.37 mengatakan...

sungguh sangat hebat anak-ank indonesia, maju terus pelajar indonesia..!!

angga on 22 April 2013 14.31 mengatakan...

maju terus pemuda ku...

rendi on 22 April 2013 14.31 mengatakan...

Seneng plus bangga melihat pemuda dan pemudi Indonesia dapat membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. :)

aryo on 22 April 2013 14.33 mengatakan...

kita sebagai orang muda indonesia yang sudah merasakan merdeka memang patut mengapresiasi kerja keras pahlawan-pahlawan terdahulu dengan berbakti dan jadikan negara ini lebih maju seperti amerika ..

rahmat on 22 April 2013 14.33 mengatakan...

ayo semanagat buat anak indonesia untuk menuju kesuksesan

galih n gumilar on 1 Mei 2013 08.49 mengatakan...

keren

Obat Penyakit Rematik on 13 Mei 2013 15.50 mengatakan...

Terimakasih banyak atas informasinya..!
salam kenal dan semoga sukses...

obat hepatitis on 24 Mei 2013 15.47 mengatakan...

thnks infonya

Letkol surya on 27 Mei 2013 16.50 mengatakan...

keren sob artikenya

Obat Benjolan Di Punggung on 30 Mei 2013 11.10 mengatakan...

Maju terus pemuda pemudi indonesia ..

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami on 2 Juni 2013 10.36 mengatakan...

Waaaah semangaaat terus..!
salam kenal dan semoga sukses...

Obat rematik on 4 Juni 2013 12.06 mengatakan...

Terimakasih atas infonya . . .

Obat Kanker Payudara Tradisional on 9 Juni 2013 00.25 mengatakan...

Makasih banyak info nya ,,,,,,,,

obat diabetes kering on 11 Juni 2013 19.46 mengatakan...

iya aku setuju

Obat jantung koroner tradisional on 12 Juni 2013 21.07 mengatakan...

Makasih banyak infonya . . .

Obat Bagi Penderita Tipes on 13 Juni 2013 14.30 mengatakan...

Informasi yang sangat bermanfaat..!
salam sukses untuk Indonesiaku ...

cepi on 13 Juni 2013 16.16 mengatakan...

mkasih buat infonya yah ...

obat diabetes kering on 15 Juni 2013 08.33 mengatakan...

harus bangga dengan negri kita

cara mengobati kelenjar tiroid on 15 Juni 2013 08.34 mengatakan...

MERDEKAA

Obat jantung koroner on 15 Juni 2013 13.31 mengatakan...

Info nya sangat bagus banget ,,,,

Obat Kanker Payudara Tradisional on 15 Juni 2013 14.45 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,

Obat Kanker Prostat Tradisional on 16 Juni 2013 12.16 mengatakan...

Infonya sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,,,

Obat Kelenjar Getah Bening Tradisional on 17 Juni 2013 01.31 mengatakan...

Salam kenal aja nie gan ,,,,,,

Obat sakit pinggang tradisional on 17 Juni 2013 14.18 mengatakan...

makasih banyak info nya gan,,,,,,,,,,,,

Obat Kanker Paru Paru tradisional on 17 Juni 2013 22.53 mengatakan...

Info nya sangat menarik nie gan ,,,,,,,,,

Obat Nyeri Sendi Tradisional on 18 Juni 2013 16.20 mengatakan...

Info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,,,

Obat asam urat on 21 Juni 2013 02.27 mengatakan...

nice post ,,,,,,,

Obat tradisional asam urat on 22 Juni 2013 13.00 mengatakan...

oke infonya bagus sekali gan ....

Ace Maxs on 22 Juni 2013 14.04 mengatakan...

oke infonya bagus sekali gan ....

Obat asam urat on 22 Juni 2013 16.02 mengatakan...

info yang sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,

Cara mengobati asam urat on 24 Juni 2013 07.08 mengatakan...

Nice post,,,,,,

Obat encok on 24 Juni 2013 10.10 mengatakan...

info yang bagus nie gan .........

Obat kanker payudara on 24 Juni 2013 11.02 mengatakan...

info yang bagus nie gan .........

Obat kanker payudara on 26 Juni 2013 00.30 mengatakan...

Infonya sangat bagus nie gan ,,,,,

Cara merapatkan vegina on 26 Juni 2013 01.08 mengatakan...

Nice post ,,,,,,,,,,

obat gondok on 27 Juni 2013 21.01 mengatakan...

terimakasih artikel nya sangat menarik, ijin untuk menyimak terlebih dahulu

obat diabetes kering on 27 Juni 2013 21.14 mengatakan...

ijin berbagi kata motivasi yaa
" janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
thx :)

Obat Keputihan Tradisional on 28 Juni 2013 00.16 mengatakan...

nice post,,,,,,,,

cara mengobati kelenjar tiroid on 28 Juni 2013 11.16 mengatakan...

makasih buat inspirasi artikel nya

obat herbal penyakit on 28 Juni 2013 11.20 mengatakan...

sukses buat blog nya dan semangat terus

Obat asma tradisional on 29 Juni 2013 11.47 mengatakan...

nice post ,,,,,,,,,,

Obat Keputihan Tradisional on 30 Juni 2013 16.32 mengatakan...

infonya sangat bagus gan , , ,

Obat Jantung Koroner on 5 Juli 2013 00.17 mengatakan...

Info yang bagus nie gan ,,,,,,,,

Obat stroke on 5 Juli 2013 14.27 mengatakan...

makasih banyak info nya ,,,,,,,,,

Obat kanker hati on 5 Juli 2013 23.24 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya gan .......

jus manggis murah on 9 Juli 2013 21.09 mengatakan...

semangat pemuda sekarang memang oke

Obat rematik yang ampuh on 10 Juli 2013 12.28 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya gan .......

obat kanker kelenjar getah bening on 14 Juli 2013 21.18 mengatakan...

makaih banyak

obat herbal asam urat on 14 Juli 2013 21.21 mengatakan...

top banget daaahhh

obat herbal miom on 14 Juli 2013 21.24 mengatakan...

okidoki banget

obat gondok on 19 Juli 2013 21.45 mengatakan...

thx for sharing



obat gondok




obat herbal penyakit

obat jantung koroner tradisional on 21 Juli 2013 20.56 mengatakan...

makasih gan ceritanya menarik untuk disimak , , ,

Anonim on 24 Juli 2013 17.22 mengatakan...

terimakasih atas infonya gan,,,

Cara mengobati asam urat on 27 Juli 2013 12.53 mengatakan...

info nya sangat bagus nie gan,,,,,,,,,

denny aby on 8 Agustus 2013 14.56 mengatakan...

Denny blogspotmengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ya ....selamat hari raya idul fitri...

Denny blogspot on 8 Agustus 2013 14.56 mengatakan...

Denny blogspotmengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ya ....selamat hari raya idul fitri...

jus manggis murah on 3 September 2013 20.20 mengatakan...

nice sharing yah

cara mengobati kelenjar tiroid on 3 September 2013 20.20 mengatakan...

ijin baca artikel nya

Kelom Geulis on 8 September 2013 16.10 mengatakan...

torehkan terus prestasi-mu anak bangsa .
yakni INDONESIA

Bwin368 Agen Judi Online on 21 Oktober 2013 17.13 mengatakan...

wah terima kasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat
keep posting ya :D

Bwin368 Agen Bola Online

Bwin368 Taruhan Bola Piala Dunia 2014

Forum Judi Online

Obat Benjolan Tiroid on 27 Oktober 2013 12.38 mengatakan...

sangat berbudaya

cara pengobatan tumor jinak on 27 Oktober 2013 12.39 mengatakan...

makasih share nya

nova on 20 Desember 2013 15.10 mengatakan...

thanks info

http://bit.ly/JNdFah
http://bit.ly/1kZD37V

Obat Sakit Otot Jantung on 3 Februari 2014 15.00 mengatakan...

terimakasih

Ari Hermansyah on 4 Februari 2014 10.57 mengatakan...

Obat Infeksi Paru Paru
Obat Pengencer Darah
Obat Leukemia Pada Anak
Obat Kanker Nasofaring
Obat TBC Herbal
Obat Kanker Usus Besar
Obat Infeksi Kelenjar Ludah
Obat Mioma Uteri
Obat Vertigo
Pengobatan Alternatif Herbal
Pengobatan Tradisional Kanker Paru Paru
Obat Infeksi Ginjal
Obat Infeksi Saluran Kemih Anak
Obat Herbal Infeksi Lambung
Obat Penyempitan Pembuluh Darah
Obat Herbal Batuk Berdahak
Obat Herbal Gangguan Pencernaan
Obat Herbal Kanker Lambung
Obat Angin Duduk
Obat Herbal Abses Pada Kulit
Obat Mata Ikan Tanpa Operasi
Obat Penghancur Batu Ginjal
Obat Herbal Kanker Rahim
Obat Penurun Trombosit Tinggi
Obat Herbal Kanker Kandung Kemih
Obat Hernia Pada Anak
Obat Kanker Mulut Rahim
Obat Kanker Prostat
Obat Benjolan Di Bibir
Obat Radang Otak Pada Anak
Obat Sakit Otot Jantung

Obat tumor payudara on 8 Februari 2014 09.35 mengatakan...

Selamat pagi, slam sehat!

Obat Asam Urat on 27 Februari 2014 13.44 mengatakan...

Artikelnya sangat bagus gan ! Obat Pembersih Rahim

Ari Hermansyah on 27 Maret 2014 14.10 mengatakan...

Obat Alami Asam Urat
Obat Diabetes Basah
Obat Darah Tinggi
Obat Diabetes

Ari Hermansyah on 27 Maret 2014 14.15 mengatakan...

Obat Alami Asam Urat
Obat Diabetes Basah
Obat Darah Tinggi

Kenzo on 7 Mei 2014 06.57 mengatakan...

Memang di Indonesia ini rentan sekali dengan SARA, sebaiknya kita sebagai generasi muda janganlah mendiskriminasikan seseorang berdasar latar belakang suku, agama, ras tp jadilah seseorang yg satu sama lain melengkapi seperti falsafah Negeri kita Bhinneka Tunggal Ika

Hanggono on 7 Mei 2014 07.01 mengatakan...

Nice article, harusnya sebagai Negara Kesatuan dengan berbagai keanekaragaman suku, budaya, agama, ras, bisa menghargai satu sama lain, karena perbedaan itu dibuat untuk satu sama lain saling melengkapi

jelly gamat gold on 24 Oktober 2014 13.11 mengatakan...

hidup pemuda Indonesia

Pengobatan Kista Rahim on 11 November 2014 10.56 mengatakan...

Terimakasih Kawan !!

Cara Mengobati Luka Pada Anak dan Dewasa on 25 November 2014 11.22 mengatakan...

saya kira artikel ini layak untuk dibaca,,. keren!

Dewi Aja on 17 Februari 2015 13.01 mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

BertuahPos.Com on 25 Februari 2015 16.02 mengatakan...

selalu melihat status dan atribut...sering terjadi pada sy pribadi

pantai teluk hijau on 4 Maret 2015 23.27 mengatakan...

semangat bos, apa kabar bos

obat herbal on 1 April 2015 22.58 mengatakan...

cara menghilngkan nanah dari kemluan pengobatan nanah keluar dari ujung kemaluan obat nanah keluar dari kemaluanapa itu penyakit wasir

obat herbal on 1 April 2015 22.58 mengatakan...

penyembuh kencing nanah jimat penyembuh kencing nanah nanah keluar dari ujung penis

obat herbal on 1 April 2015 22.59 mengatakan...

obat kutil kelamin resep dokter kutil di sekitar vagina kutil di sekitar kelamin

obat herbal on 1 April 2015 22.59 mengatakan...

obat kencing nanah alternatif penyebab ujung kemaluan keluar cairan cara menghilangkan kutil di kemaluan cara mengobati kemaluan bernanah

obat herbal on 1 April 2015 22.59 mengatakan...

obat menyembuhkan kencing keluar nanah obat menyembuhkan kencing keluar nanah penyebab kencing keluar cairan nanah obat kutil di sekitar vagina

obat herbal on 8 April 2015 21.25 mengatakan...

pengobatan hebal wasir cara mengobati ambeien secara herbal obat wasir ampuh wasir pada wanita cara mengobati wasir cara mengobati penyakit wasir tanpa obat wasir denature

obat herbal on 20 April 2015 04.57 mengatakan...

pengobatan hebal wasir cara mengobati ambeien secara herbal obat wasir ampuh wasir pada wanita cara mengobati wasir cara mengobati penyakit wasir tanpa obat wasir denature

obat herbal on 20 April 2015 18.59 mengatakan...

pengobatan hebal wasir cara mengobati ambeien secara herbal obat wasir ampuh wasir pada wanita cara mengobati wasir cara mengobati penyakit wasir tanpa obat wasir denature

sherlina halim on 17 Juni 2015 18.01 mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Pengobatan Jantung Koroner on 7 Agustus 2015 13.17 mengatakan...

I just sharing my website

pengobatan kanker kulit on 2 September 2015 08.36 mengatakan...

Terimakasih, edisi blog walking buat hari ini ..

pengobatan benjolan tiroid on 2 September 2015 15.59 mengatakan...

Kunjungan sore gan.. ditunggu kunjungan baliknya ..

Agen Ace Maxs on 3 September 2015 13.50 mengatakan...

Kunjungan pertama gan,, Salam kenal dari blog pengobatan benjolan lipoma , agen ace maxs samarinda serta pengobatan penyakit ambeien

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 201   Lebih baru› Terbaru»
 

ieyas blog Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal