Jumat, 21 Oktober 2011

BUKAN Sumpah Biasa BUKAN Sampah Pemuda

Diposkan oleh Arum Suryaningtyas di Jumat, Oktober 21, 2011 201 komentar

Tanggal 28 Oktober kalau dilihat sepintas memang bukanlah tanggal yang istimewa. Di kalender, tanggal 28 oktober tetap tertulis dengan tinta hitam (keculi pas jatuh pada hari minggu), bukan hari raya keagaama, tak ada libur nasional, tak ada perayaan khusus. Tapi tanggal tersebut sangat istimewa bagi bangsa kita ini, karena pada tanggal tersebut bangsa kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Lihat saja sewaktu kita membuka fecebook, twitter dan jaringan sosial lainya, kita pasti akan menjumpai begitu banyak tulisan yang meneriakan Hari Sumpah Pemuda. Begitu banyak yang membanggakan Sumpah Pemuda.

Yang jadi pertanyaan, benarkah kita tahu apa itu hari sumpah pemuda..? sadarkah kita tentang makna dari Sumpah Pemuda..? dan apakah kita semua benar-benar bangga dengan Sumpah Pemuda tersebut...???

Mari kita melihat pada diri kita sendiri dulu. Dari hal kecil dulu saja, sudahkah kita tidak membedakan status sosial seseorang, entah seorang pejabat atau hanya seorang buruh..?? sudahkah kita tidak membedakan seseorang yang lulusan sd, smp, sma dan perguruan tinggi..?? atau sudahkah kita menghargai dan menghormati agama maupun budaya seseorang...?? Belum..!! Saya yakin sebagian dari kita sedikit maupun banyak masih sering mempermasalahkannya.

Dalam lingkup yang lebih luas lagi terlihat jelas di depan mata kita konflik SARA marak terjadi di berbagai daerah, paham primordialisme yang salah, saling memecah belah, saling menjatuhkan dan menyakiti sesama serta saling berlomba-lomba menunjukan kalau merekalah yang paling benar, paling kuat atau bahkan paling sempurna.

Jumat, 15 April 2011

Hello..

Diposkan oleh Arum Suryaningtyas di Jumat, April 15, 2011 100 komentar
Hello Blog…!!!

Busyett…. Ngga  terasa ternyata suda 7 bulan saya sudah menelantarkan blog ini. Tak ada satupun update terbaru. Alasan yang paling utama sih teteppp.. MALESS..!!! heheee.. *nyengir lebar
Blog walking sesekali tetep saya lakukan, meskipun nyaris nggak pernah dan  nggak meninggalkan jejak.. *halahh…

Kadang geli sendiri, ketika melihat beberapa teman yang berhasil saya pengaruhi untuk ngblog dengan rajinnya membuat tulisan-tulisan indah di blog mereka . Lhaa aku yang memprofokasi mereka kok mlh jadi diem begini, mana nggak tau kapan mau nulis lagi. Yaaa.. mungkin saja saya sedang mengalami sedikit fluktuasi (mungkin lhoo…)

Saya sadar blog yang isinya campur aduk  ini sangat tidak menginspirasi, apalagi berarti. Tapi biarlah menjadi tempat sampah keluh kesah saya. Mulai sekarang, saya akan berusaha mengasah otak saya, membangunkan otak yang tertidur  untuk kembali menyusun huruf  menjadi deretan kalimat tak bermakna.

Postingan ini sekedar  keluh kesah yang dipaksakan. Sekedar untuk menunjukan kalau saya masih tetap ingin menulis di blog ini, dan masih peduli pada blog saya ini… :D

Jumat, 27 Agustus 2010

Ramadhan ku (masih) biasa sekali...

Diposkan oleh Arum Suryaningtyas di Jumat, Agustus 27, 2010 83 komentar

Ramadhan…
Bulan Suci dimana setiap umat yang mengaku dirinya muslim menjalankan puasa. Bisa dibilang puasa di bulan ramadhan sudah menjadi tradisi tahunan yang dilakukan oleh umat Islam diseluruh dunia. Hampir seluruh umat Muslim menyambut bulan Ramadhan dengan sukacita karena bulan Ramadlan adalah bulan yang penuh kebaikan dan berkah…

Ramadhan...
Aku yakin setiap orang memiliki makna, arti dan kesan yang berbeda-beda terhadap bulan Ramadhan. Kalau buat aku sih Ramadhan bukan sekedar kewajiban tahunan untuk berpuasa ataupun membuat diri menjadi lebih ‘alim’ dan lebih ‘agamais’ yang hanya dilakukan selama ramadhan aja kemudian setelah lebaran usai, hampir tidak berbekas dalam jiwa untuk menjalani kehidupan beragama kedepannya.….

Ramadhan juga bukan sekedar sorak sorai acara keagamaan. Melainkan suatu sikap kepasrahan, keikhlasan kepada Allah yang lebih membuat orang bisa merenungi arti hidupnya untuk Allah dan untuk sesamanya. Ramadhan merupakan pembina suatu kebersamaan dan kasih sayang antar sesama. Bukankah saat Ramdhan hampir seluruh umat Islam sama-sama merasakan lapar, haus, kenyang, dan sulitnya menahan emosi dan amarah diri. Maka itu Ramadham seharusnya dapat membawa dampak positif berupa rasa solidaritas dan kepedulian antar sesama, rasa kemanusiaan yang mendalam atas penderitaan sesama manusia. Perasaan sama-sama lapar, haus, kesabaran yang lebih, dan kesucian pikiran juga kata-kata, mampu membuat diri kita memiliki rasa kebersamaan dalam masyarakat tanpa memandang latar belakang, warna kulit, dan agama.

Rabu, 18 Agustus 2010

Update isenk....

Diposkan oleh Arum Suryaningtyas di Rabu, Agustus 18, 2010 58 komentar
Apa kabar blog ku..?? Lama tak kugoreskan sebentuk kisah ataupun secuil keisengan pada halaman ini..

Mau gimana lagi.. hidupku sekarang jauh dari fasilitas internet. Masih untung ada temenku yang baik hati yang dengan senang hati memberiku gretongan ngenet.. *halah..dasar muke2 gretongan* hahaaaa....

Ga tahu kenapa...akhir-akhir ini, aku lagi sering banget nyebut 'hidup aku tuh indah banget'. (sebenernya sih masih bingung mau bilang indah apa malah ngebosenin)..

Hidup aku akhir-akhir ini emang bisa dibilang ringan sih, santai..dalam tahap tanpa masalah berat, mengalir...
Tapi, aku ngerasain ada yang ganjil tiap aku ngomong itu, lebih berkesan mengandung sinisme daripada optimisme. Seperti aku berusaha untuk memaksakan kata-kata itu dalam hidupku...

Di dalam keadaaan datar nan ringan kaya gini, justru aku sering nemuin diriku bingung. Ada pada suatu saat, aku nggak tahu harus ngelakuin apa. Padahal ada banyak hal yang ada dalam otak aku, tapi nggak ada satupun yang aku tahu harus ngelakuin apa. *Nah loo...gmn tuh* heheee...

Minggu, 01 Agustus 2010

Reformasilah diri kita sendiri...

Diposkan oleh Arum Suryaningtyas di Minggu, Agustus 01, 2010 62 komentar
Reformasi..!!! Satu kata yang sangat sering digembar-gemborkan oleh sebagian kalangan masyarakat bangsa ini. Menuntut perbaikan disegala sektor, terutama disistem pemerintahan. Lalu apa hasil nyata dari tuntutan reformasi yang selama ini digembar-gemborkan itu...?? Makin membaik kah kondisi bangsa ini..??

Tidak...!! fakta yang terlihat justru sangat bertolak belakang. Bisa dibilang keadaan malah semakin serba susah. Perekonomian yang harusnya membaik, malah krisis ekonomi yang semakin parah. Harga-harga kebutuhan semakin mahal, angka kemiskinan dan pengangguran pun semakin meningkat. Sistem pemerintahan kacau, banyak pejabat-pejabat negara dengan gampangnya melakukan KKN. Penegak hukum juga masih terlihat sistem 'tebang pilih' nya...

Itu kah hasil dari reformasi yang digembar-gemborkan selama 12 tahun belakangan ini ?Sangat memprihatinkan bukan..?? Kenapa bisa demikian..??

Selama ini hampir sebagian masyarakat hanya menyerahkan tanggung jawab untuk perbaikan bangsa ini kepada pemerintah saja. Padahal kemajuan bangsa ini tidak hanya menjadi tanggung jawab para pemimpinnya saja tetapi seluruh masyarakat yang menjadi komponen bangsa ini. Mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur bukanlah hal yang mustahil kalau semua elemen masyarakat mau bergerak bersama-sama untuk melakukan perubahan..

Sebenarnya untuk mewujudkan perubahan itu, tidak harus dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat radikal seperti demonstrasi atau aktivis pergerakan yang saat ini justru sering disusupi oleh kepentingan pihak-pihak tertentu, bukan karena ketulusan hati untuk mengangakat negara ini dari keterpurukan. Lakukanlah hal-hal terkecil dari diri kita sendiri dulu, tidak perlu menunjuk orang lain, itu akan menjadi sesuatu yang sangat berarti signifikan buat kemajuan bangsa ini...
 

ieyas blog Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal