Jumat, 27 Agustus 2010

Ramadhan ku (masih) biasa sekali...

Diposting oleh Arum Suryaningtyas di Jumat, Agustus 27, 2010

Ramadhan…
Bulan Suci dimana setiap umat yang mengaku dirinya muslim menjalankan puasa. Bisa dibilang puasa di bulan ramadhan sudah menjadi tradisi tahunan yang dilakukan oleh umat Islam diseluruh dunia. Hampir seluruh umat Muslim menyambut bulan Ramadhan dengan sukacita karena bulan Ramadlan adalah bulan yang penuh kebaikan dan berkah…

Ramadhan...
Aku yakin setiap orang memiliki makna, arti dan kesan yang berbeda-beda terhadap bulan Ramadhan. Kalau buat aku sih Ramadhan bukan sekedar kewajiban tahunan untuk berpuasa ataupun membuat diri menjadi lebih ‘alim’ dan lebih ‘agamais’ yang hanya dilakukan selama ramadhan aja kemudian setelah lebaran usai, hampir tidak berbekas dalam jiwa untuk menjalani kehidupan beragama kedepannya.….

Ramadhan juga bukan sekedar sorak sorai acara keagamaan. Melainkan suatu sikap kepasrahan, keikhlasan kepada Allah yang lebih membuat orang bisa merenungi arti hidupnya untuk Allah dan untuk sesamanya. Ramadhan merupakan pembina suatu kebersamaan dan kasih sayang antar sesama. Bukankah saat Ramdhan hampir seluruh umat Islam sama-sama merasakan lapar, haus, kenyang, dan sulitnya menahan emosi dan amarah diri. Maka itu Ramadham seharusnya dapat membawa dampak positif berupa rasa solidaritas dan kepedulian antar sesama, rasa kemanusiaan yang mendalam atas penderitaan sesama manusia. Perasaan sama-sama lapar, haus, kesabaran yang lebih, dan kesucian pikiran juga kata-kata, mampu membuat diri kita memiliki rasa kebersamaan dalam masyarakat tanpa memandang latar belakang, warna kulit, dan agama.


Masih sampai disitu aja pemahamanku tentang Ramadhan. Aku sadar pemahamanku tentang agama maupun tentang ibadah Ramadhan masih sangat dangkal sekali. Mungkin karena itu juga belum ada yang istimewa dalam ibadah Ramadhanku, masih cenderung standar sekali. Aku belum membaca Al-Qur’an secara rutin. Shalat sunah selain shalat terawih yang aku kerjakan juga hanya shalat tahajud. Aku juga jarang mengikuti kajian-kajian keislaman di masjid. Satu-satunya kajian yang aku ikuti hanya kajian-kajian keislaman yang aku tonton dari TV.

Bisa dibilang ibadahku hanyalah ibadah yang dilakukan orang kebanyakan. Aku bukanlah seorang alim sholehah yang sangat giat beribadah. Aku melakukan ibadah sewajarnya. Jarang sekali aku menangisi dosa-dosaku di sepertiga malam terakhir. Justru sepertiga malam terakhir sering kuhabiskan dengan meminta serangkaian permintaan kepada Allah. Shalat sunnah atau membaca al-Quran pun aku lakukan karena memiliki maksud lain (permintaan) kepada Allah.. Dan konyolnya, hampir semua permintaanku permintaanku pada Allah, adalah urusan dunia. Hanya sedikit yang kugunakan untuk keselamatan akhirat. Betul-betul ibadah biasa yang dilakukan oleh orang yang betul-betul biasa.

Meskipun demikian, aku sangat bersyukur pada Allah karena masih memberiku kesempatan untuk berjumpa dengan bulan suci Ramadhan ini. Memberiku kesempatan untuk merasakan rengkuhan kasih sayang-Nya di bulan yang mulia ini. Masih bisa menjumpai malam lailatul qadar,, malam yang lebih baik daripada 1000 bulan..dan menjumpai keistimewaan-keistimewaan lain yang hanya dimiliki oleh bulan Ramadhan.

Ramadhan...
Bulan indah….seindah arti, makna, keagungan dan segala yang ada tentangnya...

Bagaimana dengan Ramadhan kalian...???



* Postingan untuk berpartisipasi dalam Posting Kolaborasi tanggal 27 Agustus 2010*




83 komentar on "Ramadhan ku (masih) biasa sekali..."

ieyaz on 27 Agustus 2010 21.42 mengatakan...

iseng pertama ahh....
hahaa,, :P

TRIMATRA on 27 Agustus 2010 22.06 mengatakan...

Ramadahan juga (bermakna) biasa ajah, hanya sekarang lebih berkesan setelah membaca tulisanmu ini...*hayyah, ga nyambung kan???*

Ramadhan juga bukan sekedar sorak sorai acara keagamaan. Melainkan suatu sikap kepasrahan, keikhlasan kepada Allah yang lebih membuat orang bisa merenungi arti hidupnya untuk Allah dan untuk sesamanya. *nih yang nulis , nyadar ga yah?, wkwkwkwkwk.....


hohoho...terima kasih atas tulisan yang bagus ini di kolaborasi. menyadarkan kita bahwa selama ini kita masih mementingkan kehidupan yang fana daripada kehidupan yang kekal di akhirat nanti.

KOLABORASI POSTING on 27 Agustus 2010 22.08 mengatakan...

yuhuuu....awas kalo di hapus komentarkuh nomer dua!! dah ku tandai nomer dua loh ya...entar klo ganti nomer empat juga awas!!!

Meutia Halida Khairani on 27 Agustus 2010 22.22 mengatakan...

hmm, memang orang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara yang berbeda2..
tapi ingat, karena pahala di lipatgandakan di bulan ini, jadinya jangan ragu2 utk meningkatkan amal ibadah sebanyak2nya..

inge / cyber dreamer on 27 Agustus 2010 23.32 mengatakan...

ramadhan...
menjadi bulan yang ditunggu-tunggu... *buat aku sie dek*
dan memang beberapa saat terutama awal ramadhan ada sesuatu yang aku rasakan sepertinya ramadhan kali ini terasa biasa...
tapi walau dengan sedikitnya ilmu kita dibulan ramadhan kali ini juga merupakan satu kesempatan untuk menambah ilmu ^^
selain tentu saja mencari rahmad ALLAH yang berlipat ganda ^^

Itik Bali on 28 Agustus 2010 07.46 mengatakan...

Meski biasa tetap saja Ramadhan ada hikmaknya.
selamat berpuasa ya Yasz

saidiblogger on 28 Agustus 2010 08.42 mengatakan...

bagaimana pun, ramadhan tetap spesial bagi diriku sendiri..

Sang Cerpenis bercerita on 28 Agustus 2010 10.25 mengatakan...

moga lancar terus deh puasanya.

BABY DIJA on 28 Agustus 2010 12.08 mengatakan...

ramadhannya Dija..

Dija gak puasa Tante

hihihihi

Elsa on 28 Agustus 2010 12.09 mengatakan...

semoga puasanya gak ada yang bolong
semoga dapat lailatul qadar...amiiiiiiiiiiii

zico on 28 Agustus 2010 12.57 mengatakan...

Alhamudulillah. Ramadhan ku masih masih indah..dan penuh anugerah dari Allah...masih bisa sahur dan berbuka dengan saudara tercinta....subhanalloh

dwi wahyu arif nugroho on 28 Agustus 2010 13.08 mengatakan...

slamat puasa ya yaz ^^

deadyrizky on 28 Agustus 2010 17.54 mengatakan...

semoga makin tergerak untuk beribadah tidak seperti orang kebanyakan
lebih giat gitu maksudnyah:)

merry go round on 29 Agustus 2010 21.11 mengatakan...

Tapi...dengan menyadari semua itu bukankah suatu berkah Ramadhan juga?

Selamat berpuasa ya Yaz.

catatan kecilku on 29 Agustus 2010 22.40 mengatakan...

Aduh, maaf banget nih baru sempat mampir. Ternyata Ieyas ikutan juga posting kolaborasi yg ini ya...
Semoga tetap semangat menjalankan ibadah puasa...

the others.... on 29 Agustus 2010 22.42 mengatakan...

Semoga kita dapat meraih berkah RAmadhan yg sangat luar biasa.

Corat - Coret [Ria Nugroho] on 30 Agustus 2010 09.29 mengatakan...

ieyassss kangennnnn
sebentar lagi Lebaran
semoga nanti ieyas mendapatkan berkah yg banyak ya Amin

elok langita on 30 Agustus 2010 16.23 mengatakan...

:) semoga mba ieyz mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan berkah selalu :D

aamin

Inuel on 30 Agustus 2010 21.47 mengatakan...

ramadhan.. bulan yang penuh keindahan, semoga bisa menggapai malam seribu bulan, amin :)

Nyuns on 30 Agustus 2010 21.47 mengatakan...

met malem Yaz.. maaf baru dateng aku :D

CORETAN HIDUPKU on 1 September 2010 13.38 mengatakan...

Semoga puasa yang tersisa bisa lebih baik dan ibadahnya makin lancar.

Sang Cerpenis bercerita on 1 September 2010 20.01 mengatakan...

met malam....

Willyo Alsyah P. Isman on 2 September 2010 20.47 mengatakan...

datang mengunjungi saudara perguruan di dunia persilatan.... hehehehe

Rizky2009 on 2 September 2010 22.37 mengatakan...

posting kolaborasi yang mantab abis

genial on 5 September 2010 01.54 mengatakan...

saiianya jadi malu :( campur sedih :(

Danil Edan on 6 September 2010 03.03 mengatakan...

jdi pengen tobat nie kwkwkwk

TRIMATRA on 8 September 2010 12.06 mengatakan...

kum wa antum bilkhoir..selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir segala khilafkuh,,

faiza on 10 September 2010 21.48 mengatakan...

:) kalo aku, suka bulan ramadhan yaaz,,selain bisa lebih dkat ma keluarga juga lebih dkt ma Allah,,
minal aidin walfaizin ya cantiik..

Pasang Iklan Baris DoFollow on 11 September 2010 11.19 mengatakan...

selamat Hari raya Idul Fitri... Mohon maaf lahir dan batin yaw...

chikarei on 12 September 2010 11.02 mengatakan...

Alhamdulillah.. :)
masih dipertemukan dengan Ramadhan
kalo mmang kita merasa belum maksimal menjalaninnya
Smoga tahun depan kita masih dipertemukan dengan Ramadhan, dan betekad untuk lebih baik :)

D3nBa9as on 17 September 2010 22.39 mengatakan...

Ramadhan itu...

"Bulan indah seindah arti, makna, keagungan dan segala yang ada tentangnya." Gitu deh bunyi pernyataan'y.

Statement bagus tak kutip tuk perkenalan awal y.

Salam kenal sist, berkunjung nih...

Salam

Cannes apartments rentals on 21 September 2010 18.16 mengatakan...

Menyadarkan kita bahwa selama ini kita masih mementingkan kehidupan yang fana daripada kehidupan yang kekal di akhirat nanti..

Zico Alviandri on 22 September 2010 13.52 mengatakan...

Semoga berjumpa di Ramadhan selanjutnya dan bisa lebih baik lagi. Amiin.

ario saja on 28 September 2010 22.51 mengatakan...

mohon maaf lahir dan batin

Yohan Wibisono on 30 September 2010 14.04 mengatakan...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang Bisnis dan Kesehatan di blogku : http://www.indonetwork.co.id/ptmsinet, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

ninneta on 24 Oktober 2010 23.59 mengatakan...

Hai,

Sudah lama aku nggak blogwalking. Karena memang dah lama juga nggak blogging. Hehehehehe.... Datang sekedar menyapa. Semoga dirimu sehat dan selalu bahagia.... dan semoga belum lupa dengan persahabatan kita.

:)

Salam,

Ninneta

siroel on 3 November 2010 02.01 mengatakan...

wew...ini postingan taun kpn nih,,, hihihihi...
apdate wooeeee....

beuuhhh,, kmn neh yg punya rumah,, hmm....

TrikSite.Com on 28 Desember 2010 19.59 mengatakan...

Hey... maaf nih baru bisa blogging lagi :). udah setahun gak ngurusin blog :(

Oiya masih inget ma Triksite.com gak? :D domainya udah gak ada lagi :(

Btw itu di Blogroll nya tolong di ganti jadi apriliawlaudin.blogspot.com aja yahhh.. heheheh :D

american news on 8 April 2011 22.00 mengatakan...

blogwalking

outbound malang on 11 Juni 2012 09.58 mengatakan...

kunjungan gan .,.
Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Obat alami insomnia on 6 Juli 2012 16.46 mengatakan...

kita nie sebetar lagi ramadan tingal 2 minggu lagi ,mohon maaf lahir dan batin ,,,,,,,

Obat tradisional kanker hati on 10 Juli 2012 19.23 mengatakan...

selamat menyambut bulan ramadhan semua nya dan salam sukses aja semua nya ,,,,,,,,

obat alami diare on 11 Juli 2012 12.26 mengatakan...

mantap nie gan artikel nya sangat bagus dan sangat menarik ,,,,,,

Outbound Training Malang on 13 Juli 2012 11.32 mengatakan...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Obat alami kelenjar getah bening on 17 Juli 2012 09.28 mengatakan...

info yang snagat bagus nie gan,,,,
dan salam kenal aja nie gan,,,,

Obat tradisional keputihan on 22 Juli 2012 13.24 mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya ,,,

Obat alami asam urat on 24 Juli 2012 14.54 mengatakan...

mantap nie gan artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie ,,,,,

Obat stroke herbal on 31 Juli 2012 08.01 mengatakan...

nice post,,,,,,,,,,,

Obat alami kelenjar getah bening on 6 Agustus 2012 10.33 mengatakan...

selamat menunaikan ibadah puasa aja ,,,,,

cara mengatasi penyakit asam urat on 6 September 2012 10.34 mengatakan...

thanks gan informasinya

cara mengobati maag secara alami on 12 September 2012 14.25 mengatakan...

ikut nyimak artikel nya mbak.,.,., thanks!!!!!!!

obat alami asam urat on 17 September 2012 10.33 mengatakan...

thanks gan informasinya

obat alami maag on 19 September 2012 08.48 mengatakan...

marhaban ya ramadhan

cara mengobati penyakit kista on 25 September 2012 15.15 mengatakan...

thnks gan

Pengobatan herbal kanker payudara on 2 Oktober 2012 07.25 mengatakan...

nice post ,,,,,,,,

Pengobatan herbal untuk gondok on 10 Oktober 2012 21.09 mengatakan...

Hai salam kenal aja nie gan,,,,,

obat alami sinusitis on 11 Oktober 2012 08.43 mengatakan...

sebentar lagi hari idul adha

obat herbal wasir on 1 November 2012 09.11 mengatakan...

sip deh gan

Pengobatan herbal stroke on 21 November 2012 10.55 mengatakan...

ikut nyimak aja nie gan ,,,,,

obat herbal kista ovarium on 1 Desember 2012 14.56 mengatakan...

sip gan

Obat Kencing Manis on 29 Desember 2012 12.59 mengatakan...

artikel yang bagus dan menarik..memotivasi beud

Agen Tricajus Bandung on 2 Januari 2013 14.21 mengatakan...

salam kenal aja gan dan makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,,,

Obat radang tenggorokan on 14 Januari 2013 23.19 mengatakan...

salam kenal aja gan ,,,,,,

cara mengobati darah tinggi on 18 Januari 2013 23.47 mengatakan...

info yang sangat bagus nie gan ,,,,,,,

Cara mengobati wasir on 22 Januari 2013 21.09 mengatakan...

salam kenal aja dan makasih banyak atas semua info nya ........

Obat diabetes melitus on 13 Februari 2013 14.50 mengatakan...

info nya sangat bagus banget gan ,,,,,,,,

Cara mengobati nyeri sendi on 25 Februari 2013 22.29 mengatakan...

mantap gan info nya sangat bagus dan sangat menarik,,,,,,,,,,

Berita1-untuk semua on 6 Maret 2013 00.38 mengatakan...

salam kenal aja gan,,,,,,,

Cara mengobati asam urat on 25 Mei 2013 13.41 mengatakan...

Makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

Obat jantung koroner tradisional on 29 Mei 2013 00.06 mengatakan...

makasih banyak info nya gan ,,,,,,,

Obat wasir tradisional on 11 Juni 2013 13.07 mengatakan...

nice post ,,,,,,,,

Obat Asam Urat Tradisional on 11 Juni 2013 22.33 mengatakan...

oke juga infonya nie gan ,,,,,,

Obat darah tinggi tradisional on 13 Juni 2013 11.35 mengatakan...

Makasih banyak infonya gan,,,,,,,,,,

Obat diabetes melitus tradisional on 14 Juni 2013 16.00 mengatakan...

Info yang bagus ,,,,,,

Obat Asam Urat on 15 Juni 2013 01.44 mengatakan...

Thanks for information,,,,,,,,

Obat asam urat on 23 Juni 2013 16.28 mengatakan...

terimakasih atas infonya gan,,,,

agus herbal on 3 September 2013 14.41 mengatakan...

Meski biasa tetap saja Ramadhan ada hikmaknya.
selamat berpuasa ya Yasz

rida on 3 September 2013 14.41 mengatakan...

bagaimana pun, ramadhan tetap spesial bagi diriku sendiri.

yadi on 3 September 2013 14.41 mengatakan...

ramadhan.. bulan yang penuh keindahan, semoga bisa menggapai malam seribu bulan,

obat kutil kelamin on 26 November 2013 17.02 mengatakan...

Obat Kutil Kelamin
Obat Kutil Kelamin Di Apotik
Obat Kutil Kelamin Alami
Obat Kutil Kelamin Tradisional
Obat Kutil Kelamink Herbal
Pengobatan Kutil Kelamin
Pengobatan Penyakit Kutil Kelamin

sherlina halim on 17 Juni 2015 18.02 mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Samsung on 15 Desember 2015 15.08 mengatakan...

meskipun biasa saja tapi tetap harus disyukuri mbak karena belum tentu tahun depan kita bisa lihat Ramadhan lagi :D

Wikimodis on 15 Desember 2015 15.34 mengatakan...

suka banget sama katanya yg "Bulan indah….seindah arti, makna, keagungan dan segala yang ada tentangnya" betul banget itu mbak ^^

 

ieyas blog Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal