Rabu, 21 April 2010

Emansipasi itu apa..???? *emot mikir*

Diposting oleh Arum Suryaningtyas di Rabu, April 21, 2010

Tanggal 21 Aprill...Seperti yang kita semua tau, hari ini diperingati sebagai hari kelahiran seorang pahlawan emansipasi wanita, R.A Kartini. Sepertinya emansipasi wanita akan menjadi topik yang ramai dibicarakan di hari ini. Entah itu di acara-acara tv, ataupun disitus-situs jejaring sosial. Sepagian buka pesbug aja, udah berjibun teman (terutama wanita) yang update tentang emansipasi wanita. Mengembar-gemborkan tentang persamaan hak seorang wanita dan seorang pria.

Aku inget..pernah ada seorang temanku yang bertanya apa arti emansipasi buatku. Dan dengan tampang yang innocent aku jawab 'Nggak tau ah, yang pasti cowok nggak boleh semena-mena ma cewek.' singkat banget dah...

Jujur..aku emang kurang ngerti apa yang dimaksud dengan emansipasi itu. Yang aku tau R.A Kartini memperjuangkan agar wanita dapat menentukan nasibnya sendiri, memperoleh pendidikan yang layak, dapat lebih dihargai dan dihormati serta bebas mengeluarkan pendapat dan pemikirannya.. tapi tetap tidak melupakan kodratnya sebagai seorang wanita...

Namun kenyataan yang ada, saat ini banyak yang salah kaprah mengartikan emansipasi itu sendiri. Coba kita lihat para ibu rumah tangga yang bekerja sebagai sopir busway, kuli proyek / bangunan, TKW yang sering jadi korban kekerasan, dan pekerjaan-pekerjaan berat lainnya demi membiayai kebutuhan mereka. Mereka memang mampu dan bisa melakukan pekerjaan itu, namun bukankah tak selayaknya mereka bekerja seperti itu. Heyy.. dimana para suami yang seharusnya bertanggung jawab terhadap kehidupan mereka..?? Seperti itu kah yang dibilang emansipasi..??? Apakah emansipasi bukan hanya untuk mensejajarkan, tapi untuk menggantikan peran ataupun kewajiban juga..???

Disisi lain, emansipasi wanita malah terkesan sebagai keegoisan seorang wanita. Hanya ribut menuntut persamaan hak tanpa memikirkan kalau dibalik hak itu ada sebuah kewajiban juga. Berkoar-koar tentang kebebasan namun tidak memanfaatkan kebebasan itu dengan hal yang berkualitas.

Bagaimanapun juga, emang udah kodratnya wanita sama laki-laki itu berbeda. Wanita dan laki-laki sudah memiliki porsi sendiri-sendiri dalam hak maupun kewajibannya. Maka dari itu mereka harus bertindak sesuai dengan porsinya masing-masing. Sebenarnya semua kembali kepada kesadaran masing-masing individu untuk menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan perannya serta saling menghargai hak dan kewajiban individu yang lainnya juga. Buat apa coba mempermasalahkan perbedaan yang ada, bukankah justru dengan perbedaan itu kita dituntut untuk saling melengkapi.. bukan malah saling menyaingi, merendahkan, atau bahkan menindas yang lainnya.

Hmmm...Yasudahlahh... Seperti apapun potret emansipasi wanita saat ini... Pokoknya tetep salut deh buat semua wanita wanita hebat Indonesia... (Terutama buat para Ibu). Aku yakin R.A Kartini bangga melihat kekuatan dan ketegaran wanita-wanita Indonesia saat ini....

SELAMAT HARI KARTINI WANITA - WANITA INDONESIA

Semoga kita semua bisa mengikuti jejak R.A Kartini. Menjadi wanita yang berbudi luhur, percaya diri, tegar, bermartabat, dan mampu memantikan cita-cita dan mengobarkan api semangat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga menularkannya kepada orang lain.....

Ehh..ngomong mengobarkan api semangat.. jadi keinget sama award dari bang Kartono ehh..salahh..bang Pendi. Ini dia awardnya...


Makasih yee bang buat awardnya.... Muup baru kepajang sekarang... hehehe....

Mumpung ingett...pajang award dari Sun's sekalian juga ahhh...

 
Makasih ya Sun's... Awardnya maniz banget euyy...

27 komentar on "Emansipasi itu apa..???? *emot mikir*"

siroel on 21 April 2010 12.06 mengatakan...

amankan pertamaxxx...

Sang Cerpenis bercerita on 21 April 2010 12.19 mengatakan...

met hari Kartini juga

siroel on 21 April 2010 12.28 mengatakan...

aku jg ngga ngerti apa itu emansipasi,tp klo emansisapi ngerti,hahahaa...

ieyaz, tulisannya bagus, keren, kagum aku...

siroel on 21 April 2010 12.30 mengatakan...

eh,lupa, selamat hari kartini ya yaz...

Sun's on 21 April 2010 12.34 mengatakan...

Wanita terus semangat tuk jadi yang terdepan,,
Wahhh udah di pajang,,,,
Selamat ea awardnya?

Rizky2009 on 21 April 2010 12.36 mengatakan...

aq juga belum ngerti apa arti emansipasi, apa persamaan gender, bukan kali yah

yudex on 21 April 2010 12.54 mengatakan...

selamat hari kartini yaz.. tumben kamu nulis sesuatu yang serius?? kayak bahasanya narasumber yang di tipi-tipi. :-D

emansipasi itu menurutku : ya di eman-eman, itu saja!

Noor's blog (inside of me ) on 21 April 2010 13.02 mengatakan...

Wah...pandangan non Ieyaz tentang emansipasi bagus banget, bang Pendi sampe ngga bisa ngomong deh...salut...salut !!

Eh...makasih ya, award bang Pendi dah dipasang. Ayo kobarkan s'mangat namun jangan lupakan kebersamaan...

Seiri Hanako on 21 April 2010 13.12 mengatakan...

met hati Wanita Indonesia...

*datang dengan kebaya putih n sarung batik... kimononya dah lama nggak dipakai tuh..*

inge / cyber dreamer on 21 April 2010 13.13 mengatakan...

selamat hari kartini
semoga kita bisa benar2 menjadi perempuan seperti yang diinginkan oleh ibu kartini tanpa kebablasan ^^

Ayas Tasli Wiguna on 21 April 2010 13.28 mengatakan...

s7,, smg kaum wanita lebih diperhatikan lagi, met kartini semua ^^

siroel on 21 April 2010 13.36 mengatakan...

balik lagi, cuma mau muji ieyaz,tulisannya asli bagus bgt,pandangannya ttg emansisapi,eh emansipasi kerennn sangadh...suka deh...
*ieyaz melayang2 ngga ya?*

BALI INFORMATION on 21 April 2010 14.04 mengatakan...

Postingan yang bagus ,,,!! semoga bisa bertukar link ...
http://ceritagiok.blogspot.com/

CAFE SALOME on 21 April 2010 14.05 mengatakan...

Dunia semakin panas ,, salam kenal sobat !!

ERICK on 21 April 2010 14.06 mengatakan...

Aku tunggu tulisannya yang lain ya ,

♥ria♥ on 21 April 2010 16.03 mengatakan...

Selamat hari kartini ieyas ^____^
oh iya selamat ya awardnya

elok langita on 21 April 2010 17.38 mengatakan...

met hari kartini mba ieyaz cantikkk... ^____^

sekarang mulai di salah artiin tentang emansipasi wanita... ^______^ nice posting

aaSlamDunk on 21 April 2010 18.16 mengatakan...

kalo gak ada wantita, rasanya laki laki belum lengkap hehehe

Jazz Muhammad on 21 April 2010 18.39 mengatakan...

selamat hari kartini teh ieyas
semoga perempuan tetap jaya dan kontributif

dwi wahyu arif nugroho on 21 April 2010 20.21 mengatakan...

slamat hari kartini ieyaz :)

senja on 21 April 2010 20.59 mengatakan...

selamat hari kartini,...selamat buat awardnya ya...

pemahaman emansipasinya aku setuju ieyaz :)

Clara on 21 April 2010 22.30 mengatakan...

aku belum ucapin selamat hari kartini ^^
selamat juga untuk awardnya

KucingTengil on 22 April 2010 03.06 mengatakan...

selamat hari kartini bagi wanita Indonesia. Semoga emansipasi wanita ga kebabablasan menjadi emansisapi :D

abdul malyk on 22 April 2010 08.01 mengatakan...

Emang kali ya..emansipasi sering di salah artikan..
Tp yg terpenting kesadaran masing2 aja..
Selamat hari kartini..
Semangat..

abdul malyk on 22 April 2010 09.55 mengatakan...

emang sering kali ya..
emansipasi disalah artikan..

selamat hari kartini..

TRIMATRA on 27 April 2010 06.19 mengatakan...

betul X3, porsi wanita dan laki pasti beda. apalagi porsinya iyez,, dua mangkuk mie baru deh bilang kenyang.
^loh^ wkwkwkw

ra-kun on 29 April 2010 11.11 mengatakan...

emansipasi itu jangan cuma disebut-sebut saat peringatan hari kartini ^^

 

ieyas blog Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal